Inagurasi Jurusan Matematika UNIMA

Posted: 27 September 2009 in Matematika dan sains

Inagurasi merupakan ajang mengikat tali persaudaraan yang erat antar senior dan junior setelah sekian lama “ditindas” dalam PROBINAS atau lebih dikenal secara umum OSPEK. Padahal sebenarnya senior atau kakak-kakak tuh baik hati semua, cuma ada sih yang memang secara sengaja di buat peran antagonis (kayak di pilem-pilem gitu).
Setiap tahun ajaran baru pasti di adakan inagurasi di setiap fakultas dan jurusan, itu kalau di UNIMA (bukan Universitas negeri main-main, atau universitas negeri malas-malasan tapi Universitas Negeri Manado yang telah mencetak banyak sarjana-sarjana yang berhasil dan luar biasa). Yah karena penulis kebetulan sekarang adalah mahasiswa jurusan matematika FMIPA UNIMA jadi cuma yang di tulis tentang inagurasi jurusan matematika aja.
Tahun ini mahasiswa angkatan 2009 yang “di paksa” mengikuti kegiatan tahunan ini. Bagaimana tidak, kalau tidak mengikuti akan di kenakan denda sebesar Rp. 100. 000,-. Buat ‘anak mami’ sih ini bukan jumlah yang besar, tapi masalah sebagian besar adalah mahasiswa kere alias anak kos-kosan. Hmp.. lebih tepatnya mahasiswa rantau yang kiriman pas-pasan, kalau kiriman terlambat datang yah terpaksa puasa dulu deh. Kadang klu udah gitu temennya bilang “Wah kamu ‘alim banget deh, hampir tiap hari puasa” (padahal memang ga ada makanan di untuk di makan he he). Yah terpaksa mahasiswa seperti ini harus ikut deh. Udah “terpaksa”, “harus” lagi. Terus juga dapat ancaman bahwa HMJ (himpunan mahasiswa jurusan) matematika akan punya penilaian khusus terhadap yang tidak ikut inagurasi, semacam ancaman bahwa kalau tidak ikut inagurasi bakal ga bisa dapat KHS-nya (kartu hasil studi, mungkin kalau di SMA namanya rapor).
Acara ini di adakan pada tanggal 11-12 september 2009 di daerah yang luar biasa indah di Sulawesi Utara yaitu pantai Mangga Tasik Tanawangko, Sulawesi Utara. Kira-kira dari kampus UNIMA jaraknya adalah 2 jam perjalanan dengan bus. Yang di hadiri oleh semua senior dan junior yang berkesempatan hadir (masih ada mahasiswa yang istilahya ‘tambah libur’), juga di hadiri oleh kepala jurusan matematika yaitu dengan hormat bapak Drs. N. Rogahang, Ms atau lebih dikenal dengan “mener rogahang” (saya minta maaf mener kalau ada kesalahan penulisan nama atau gelar, harap di maklumi) beserta beberapa dosen jurusan matematika yang juga sama halnya dengan mahasiswa yaitu dosen yang berkesempatan hadir.
Pto

Ternyata pembaca sekalian yang terhormat, inagurasi seperti itu adalah ajang peresmian mahasiswa baru menjadi mahasiswa matematika. Dengan cara di godok seperti di gambar tadi, hi serem, ya? Tapi kan seperti di awal di katakan bahwa ini adalah ajang ‘silaturrhmi’ gitu? Ya, karena kita semua bisa ngumpul bareng, karena di kampus karena jadwal mata kuliah yang padat kadang senior dan junior jarang ketemu, bahkan kalau bertemu atau berpapasan ga ada yang saling menegur sapa karena mungkin tidak tahu kalau satu jurusan. Nah, kabar gembiranya buat mahasiswa baru bahwa di akhir acara ada sesi yang namanya “pembalasan”. Yaitu para junior berhak melakukan hal yang sama pada seluruh senior yang ada (bayangkan aja dari mahasiswa semester 3, 5, 7 dst sampai semester ke-n).
Setelah di akhir acara di Tanya kan bagaimana perasaan mahasiswa baru yang “di godok”, mereka menjawab bahwa mereka sangat bahagia bisa berkumpul bersama, itu yang terpenting. Bukan bagaimana kita menjadi orang sukses, tapi bagaimana kita menjadi orang yang bahagia. Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan, akan tetapi kebahagiaanlah yang merupakan kunci kesuksesan. Jika kita merasa bahagia mulai saat ini juga maka kita akan menjadi sukses kelak. Karena orang yang paling bahagia di dunia ini bukanlah orang yang palng bisa memilki segala-galanya, akan tetapi orang yang paling bahagia adalah orang yang paling bisa mensyukuri apapun yang ada pada dirinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s