Insomnia

Posted: 11 Oktober 2009 in Matematika dan sains

insomnia

insomnia


Ya ya ya, itu adalah kata yang entah menakutkan, menyebalkan atau malah menyenangkan jika di dengar. Tapi di era globalisasi saat ini, insomnia menjadi ‘budaya’ yang melekat hampir di seluruh kalangan anak muda.
Dengan berbagai alasan yang menjadi penyebab mengapa anak muda zaman sekarang suka begadang. Ini dia list ‘kegiatan malam’ yang sering di lakukan:
1. Nonton tv
Biasanya nih para penggemar pertandingan sepak bola nih, karena di Indonesia terdapat perbedaan waktu yang lumayan significant antara eropa dan Indonesia jadi kalau ingin menonton siaran langsung pertandingan liga klub-klub hebat di eropa harus tengah malam, atau mungkin pagi dini hari. Ada juga sih acara-acara lain yang adanya tengah malam. Banyak channel tv yang menyediakan tayangan tengah malam mulai dari entertainment, berita, film box office dll.
2. Browsing internet
Nah yang satu ini paling sering di gandrungi oleh remaja-remaja di Indonesia bahkan di dunia. Banyak sekali warnet (warung internet ) yang menyediakan layanan 24 jam. Kalaupun tidak ada layanan 24 jam setidaknya warnet tersebut buka sampai larut malam. Nah jika di tanya ngapain mereka di warnet sampai larut malam, maka jawaban yang paling sering keluar adalah feisbuk (facebook), twitter, blog (bervariasi ada wordpress, blogger, multiply dll), chat (ada juga video chat yang lagi naik daun nih namanya camfrog) dan yang lumayan banyak adalah menjawab game online yang semuanya ini kadang bisa bikin kita lupa waktu bahkan sampe larut malam.
3. Ngobrol via telepon
Hmp.. biasanya ini buat yang LDR nih itu tuh Long Distance Relationship alias hubungan jarak jauh. Kalau bukan “temen apa temen”, yah pacarnya yang ada di ‘seberang’ sana. Berharap bertemu tapi apa daya tangan tak sampai. Dengar suara aja udah cukuplah bagi LDR mania sebagai pelepas rindu. LDR memang mahal kawan, harus mengorbankan waktu, jiwa dan pulsa.
4. Nongkrong bareng teman-teman
Ini dia yang paling asik. Begadang bareng teman-teman, kadang sambil minum kopi dan sebagainya. Namun pada kenyataannya ada juga yang di temani oleh minuman keras dan main judi yang biasanya pake kartu atau domino. Yang terpenting adalah berkumpul dengan teman-teman itu menyenangkan.
5. Makan
Weleh weleh yang satu ini kebiasaan orang yang insomnia yang bikin gemuk. Ya menurut para ahli kebanyakan orang insomnia cenderung merasa lapar di malam hari dan akan mencari makanan. Kabar buruknya tubuh mengalami penurunan metabolisme sewaktu tidur atau lebih tepatnya tidak seperti waktu biasanya kita beraktifitas. Sehingga makanan tidak di cerna dengan baik dan terjadi penimbunan lemak. Gula dalam darah pun tidak di pakai saat tidur, dan itulah yang menjadi lemak.
Masih banyak lagi kegiatan yang biasanya di lakukan oleh orang yang susah tidur alias insomnia atau kegiatan lain yang menyebabkan orang menjadi insomnia. Tapi itulah ‘pergeseran’ yang merupakan efek dari perkembangan zaman. Bagi yang punya pendapat maupun usul yang membangun dan enak untuk ‘di cerna (hehe makanan kali ya nanti keseleg kalau susah di cerna), silahkan comment.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s