my BLD M2 with PAPA journey.

Posted: 23 Mei 2010 in Matematika dan sains

akhirnya bisa juga merekam BLD saya. yah walaupun gak ada memorisasi (5 menit), tapi gak papa lah. yang penting.. hehe.
kali ini saya mulai menggunakan metode memorisasi PAPA journey yang saya rasa sangat cocok saya gunakan untuk multi BLD, PAPA journey jika di latih akan sangat cepat. pada awalnya saya mersakan sesuatu yang tidak nyaman dengan metode ini, tapi lama kelamaan saya mulai terbiasa dan enak menggunakan metode ini.
lain halnya dengan metode direct visual yang sangat cepat, tapi akurasinya kurang (jika di latih metode visual akan sangat akurat). sebaliknya dengan metode visual metode ini memerlukan waktu yang lebih lama untuk memorisasi.
saya akan tetap berlatih. dan berlatih. dan berlatih…

saya ingin mengucapkan terimakasih saya yang sebesar-besarnya kepada mas wicaksono adi alias chuck yang telah banyak memberikan saya inspirasi dan mengajari saya tentang BLD.
saya pernah salah mengeti apa yang di maksud mas chuck, waktu saya sms dia tentang PAPA journey. (hehe mapkan kekhilafan saya mas)
tapi dari hal itu sya belajar banyak dari kesalahan-kesalahan. dengan begitu saya mengerti tentang kesalahn saya dan tidak akan mengulanginya lagi.
yang saya mengerti tentang BLD adalah BLD bukan tentang kecerdasan, tetapi tentang kesungguhan. hanya orang yang sungguh-sungguh yang akan berhasil.
mas wicksono adi juga mengajarkan salah satu dari sekian banyak yang dia ajarkan kepada sya, tentang sesuatu yang sangat berharga dari BLD.
“BLD adalah kesenangan, bukan tekanan” (thread mas wicak tentang curhat chuck).

dalam melakukan BLD kita harus memiliki perasaan bahagia dan rileks, sehingga lancar ketika melakukan memorisasi dan eksekusi.
dan yang terpenting adalah latihan, latihan dan latihan.

other said “practice make perfect”, but i said “perfect practice make perfect”.

tks juga buat mas cendy cahyo rahmat dan mas virkill. walau saya belum pernah ketemu dengan mereka bertiga tapi saya mendapatkan banyak ilmu dari mereka.

nb: buat mas chuck, tks templatenya. tuh kelihatan di meja dalam video. hehe ^_^.

Komentar
  1. drummerfan mengatakan:

    wah, saya masih pake visual 🙂

    • arif rahman igirisa mengatakan:

      salam kenal. sya masih kesulitan sampe sekarang untuk visual. biasanya cuma untuk satu cube, dan itu pun untuk corner saja. sedangkan untuk edges pake letter pair. klu papa journey d pake buat multi BLD.

      nak mana nih?

  2. fandy mengatakan:

    bisa ajarin gak kk..??
    heheh saya pngen tau

  3. adecubes mengatakan:

    saya masih pake old pochman..mau pindah.

Tinggalkan Balasan

