Gemuk Usai Lebaran? jangan kuatir…!

Posted: 9 September 2010 in Matematika dan sains

Sebaiknya, sebelum berkunjung dan memenuhi undangan jamuan makan, makanlah dulu di rumah.
Tak hanya sebagai ajang silaturahmi, lebaran juga identik dengan jamuan makan. Berbagai makanan khas biasanya tersaji di rumah. Mulai dari masakan bersantan, kue kering, kue basah, hingga keripik akan tertata rapi di setiap rumah sanak keluarga.

Jika Anda tidak mengontrol nafsu makan Anda, yang terjadi adalah bobot tubuh akan makin bertambah. Apalagi saat liburan hari raya, biasanya Anda akan banyak menghadiri jamuan makan ke rumah-rumah kerabat.

Liburan saat hari raya memang cenderung membuat bobot tubuh bertambah. Nah, agar hal itu tidak terjadi Anda harus pintar-pintar menyiasatinya. Ini caranya:

– Sebelum Anda berkunjung atau memenuhi undangan jamuan makan, makanlah dulu di rumah. Memenuhi undangan dalam keadaan perut lapar membuat Anda akan banyak makan dan cenderung tidak terkontrol.

– Agar tidak makan dalam porsi besar saat hadiri jamuan makan, konsumsilah banyak sayur dan buah sebelum pergi. Dengan begitu, kebutuhan serat Anda sudah terpenuhi. Hal itu karena saat jamuan makan biasanya menu yang Anda pilih cenderung tidak menyertakan sayuran.

– Duduk atau berdiri berjauhan dari makanan. Sajian kue-kue, baik yang kering maupun yang basah pasti bermacam-macam. Jika Anda penasaran dengan rasanya, mencicipi satu atau dua buah tidak masalah. Asal, jangan berkali-kali mengambilnya. Biasanya mengambil kue berkali-kali tidak Anda sadari, untuk itu duduklah berjauhan dengan toples-toples menggoda berisi kue.

– Kunyah dengan perlahan. Cara ini bisa sangat membantu proses pencernaan dalam tubuh. Saat mengambil porsi makanan, ambilah sedikit jangan langsung dalam porsi besar. Dengan porsi besar, jika perut sudah terasa kenyang, Anda akan cenderung terpaksa menghabiskannya.

sumber: VIVAnews.com

Komentar
  1. dhency mengatakan:

    k’arif p program jdoh nda lcu!!

  2. dhency mengatakan:

    k’arif p[ gemintang nda LUCU….!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s