Trik Menghadapi Insomnia Berat

Posted: 19 Desember 2011 in artikelku
Tag:


Nah, insomnia adalah momok yang sudah sangat dikenal di masrarakat. Umumnya terjadi Pada orang dewasa. Tapi tak ayal kerap kali terjadi pada anak-anak.

Ada banyak sebenarnya penyebab insomnia itu sendiri. Tapi pada dasarnya adalah kondisi fisik dan psikis seseorang sangat mempengaruhi dari penyakit susah tidur ini.

Berikut akan saya paparkan beberapa tips yang saya kumpulkan dari pengalaman saya pribadi maupun pengalaman teman-teman saya.

Tapi sebelumnya yang perlu diingat adalah, ini bukanlah penelitian ilmiah. Hanya sekedar share pengalaman. Mengingat juga penyebab Insomnia begitu banyak yang saya tidak bisa paparkan satu-per-satu. Jadi, bukan berarti saya melakukan kekeliruan dalam menulis ketika ada tips yang tidak manjur untuk anda. itu sich.. DL (hehe bercanda brother and sist). Berikut Tips-tipsnya. Let’s check it out!

1. Mandi
Beberapa teman saya jika susah tidur alias insomnia sering melakukan hal ini. Menurut mereka, insomnia terjadi karena otot-otot yang tegang dan tidak rileks. Menurut penelitian bahwa mandi dapat merilekskan otot-otot yang tegang.

2. Pijat
Ada juga yang mencoba merilekskan otot-otot mereka. “Biar oto-otot yang tegas jadi lemes gitu,” kata mereka. Tapi awas dengan ‘pijat plus-plus’. Bisa jadi mereka memijat salah memijat ‘otot’ yang lemas malah menjadi tegang.

3. Membaca buku
Silahkan dicoba. Tapi beberapa teman saya berkata ini bertentangan dengan poin (1) dan (2). Karena membaca dapat membuat otak bekerja lebih kuat dan membuat kita jadi tegang karena berpikir. Tapi mungkin di situlah letak kelebihannya. Karena kita jadi capek sewaktu membaca, lantas kita tidak tahan dengan godaan pulau kapuk (sekarang lebih banyak yang terbuat dari foam. haha lebih adem pake yang alami).

4. Makan
“Kalau saya, saya makan sampai kenyang,” ujar teman saya. Ide ini cukup cemerlang juga. Karena orang yang sudah kenyang bawaannya malas dan mengantuk. Tapi sungguh ini tidak baik menurut saya. Karena berdasarkan saran dari dokter ahli bahwa makan malam itu sebaiknya dua dampai tiga jam sebelum tidur malam. Kalau tidak, maka akan mengakibatkan mengendapnya gula dalam darah karena tidak dipakai. Maka, di kemudian hari akan menjelma jadi lemak (alias tambah gendut).

5. Mendengarkan musik.
Cobalah instrumen atau lagu apa saja yang anda sukai. itu akan membuat anda lebih rileks.

6. Dengarkan Sesuatu yang Membosankan. (???)
Ya, hasil survey membuktikan, orang akan cenderung mengantuk jika mendengarkan hal-hal yang sudah sangat umum, sangat mudah, atau bahkan sangat sulit. Sehingga menjadi tidak menarik. It’s so bored, Baby!

Cobalah mengundang dosen matakuliah yang paling anda tidak sukai di rumah anda. Lalu mintalah ia menjelaskan pelajaran tersebut sebelum anda tidur. ^_^

7. Mendengarkan Bacaan Alquran.
Ini yang paling ampuh menurut pengalaman pribadi saya. Bahkan menembus batas dimensional insomnia, mendengarkan bacaan alquran dapat membuat hati menjadi tenang.
Hanya saja, cuma umat islam saja (maaf bukan berarti saya tidak adil) yang meyakini kebenaran kitab ini.

untuk teman-teman yang beragama lain, dapat mencoba membaca atau mempelajari kitab sucinya masing-masing. Ingin saya tulis poin (7) ini dengan “Mendengarkan bacaan kitab suci agama”. Tapi saya sudah menekankan di atas bahwa ini merupakan share dari pengalaman pribadi maupun dari teman-teman.

Jikalau teman-teman memiliki tambahan atau masukan silahkan saja. Saya menerima dengan senang hati. Dan akan diusahakan akan ditambah di poin-poin di atas.

Mohon maaf jika ada hal-hal yang menyinggung atau tidak enak di hati (sama saja, ya?). Tujuannya saya adalah ingin berbagi agar tulisan ini bisa lebih bermanfaat bagi orang banyak.

^_^
Arif Igirisa.

Iklan
Komentar
  1. menjelma berkata:

    ne pernyakit ane gan,,susah banget ngobatinnya,,thanks ya udah kunjung di menjelma.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s