Misteri Negeri 5 Menara dan Ranah 3 Warna

Posted: 22 Desember 2011 in Matematika dan sains, Negeri 5 Menara


Saya sudah membaca kedua novel karya Bang Fuadi tersebut. Bahkan saya punya sebagai koleksi (berharap dapat tanda tangan langsung dari orangnya). Saya bahkan sudah sangat bersabar dan berdamai dengan hati saya yang penasaran kelanjutannya. Terima kasih buat Bang Fuadi atas inspirasinya. Sejujurnya saya ingin melihat sendiri sosok Bang Fuadi. Rasanya saya ingin bertanya langsung, mengambil ilmu dan menyerap inspirasi dari sosok Bang Fuadi secara langsung. 

Yang membuat saya penasaran pertama adalah sosok “Randai”, Raymond Jeffry. Kedua, “Raisa”.

Awalnya saya menganggap ini hanya hal biasa. Ingin rasanya saya menanyakan langsung pada Bang Fuadi tentang rasa penasaran saya ini. Tapi apa daya, jarak memisahkan (kayak puisi-pusi).

Siapakah sosok asli Randai? Saya sudah mencoba mencari-cari literatur di internet tapi belum juga ketemu. Saya mencoba membaca kembali halaman “Syukur dan terima kasih” di novel negeri 5 menara. Di sana tertulis: Lalu kepada inspirasi hikayat ini: keluarga besar Gontor yang selalu ikhlas. Karakter utama antara lain terinspirasi oleh: Adnin Armas, Kuswandani, Ikhlas Budiman, Abdul Qodir, M. Nonib, Ustad Tasirun Sulaiman, Ustad Sofwan Manaf, Ustad Akrim Maryat serta almukarram Kiai KH. Shoiman Lukman (alm), KH. Imam Badri (alm), KH. Hasan Abdullah Sahal dan KH Syukri Zarkasyi.

Dari halaman tersebut, hanya tersebutkan para tokoh “Sahibul Menara”, sedangkan tokoh Randai tidak juga disebutkan. Atau setidaknya hanya penasaran saya yang tinggi sampai-sampai saya luput memperhatikan sesuatu yang padahal ada. Saya mencoba kembali membuka halaman “Lebih Banyak Syukur dan Terima Kasih”, saya menemukan banyak sekali nama. Tapi tidak ada yang mengarah bahwa itu adalah “Randai” atau Raymond Jeffry—sekali lagi menurut saya. Oleh karena itu saya ingin sekali menanyakannya pada pengarangnya sendiri.

Lalu mulai terpikir oleh saya, “Apakah Randai hanya sosok fiktif?”

Memang saya terlalu memaksakan diri untuk itu. Oleh karenanya saya ingin share dengan teman-teman (andaikan bisa ketemu dengan Bang Fuadi, Alhamdulillah).

Nah, lalu sosok kedua adalah Raisa. Yang saya penasaran adalah apakah Raisa = Yayi? Saya pernah menemukan berita tentang istrinya Bang Fuadi ini tidak cemburu sama sekali baik tentang tokoh Sarah maupun tokoh Raisa. Lalu ketika ditanya pasal Raisa, ia berkata: tanyakan saja pada orangnya yang menulis novelnya langsung (Bang Fuadi, pen).
Saya sangat penasaran menanti novel ketiganya “… 1 …”, benar-benar membuat orang bertanya-tanya.

Untuk perihal Raisa = Yayi, itu bisa jadi untuk saat ini, jika sosok Randai adalah fiksi. Itu hanyalah buah pemikiran saya. Atau bisa saja Bang Fuadi sengaja membuat kita penmbaca bertanya-tanya dan berpikiran seperti saya ini. Atau bisa saja Bang Fuadi menyediakan surprise yang luar biasa nantinya. Wallahu a’lamubisshowab. Kita lihat saja nanti. Andaikata ada yang luput, maka sesungguhnya itu kesalahan dari saya.

Entah hikayat inspiratif apalagi yang akan dihidangkan oleh Bang Fuadi. Tapi saya dan seluruh penikmat novelnya sangat menunggu kehadiran novel ketiganya.

Sebelum saya menutupnya, lagi-lagi saya harus meminta maaf atas kata-kata yang kurang berkenan oleh pembaca blog saya ini. mudah-mudahan blog ini bisa bermanfaat bagi orang banyak. Sama seperti kata rosulullah bahwa manusia yang paling baik, adalah manusia yang paling banyak bermanfaat bagi manusia yang lainnya.

Terima kasih. Salam kenal buat Bang Fuadi.

Komentar
  1. choirul mengatakan:

    wah emang novel itu keren banget ya… apalagi ntar negeri 5 menara bakalan tayang di bioskop….

  2. Wahyu Alam mengatakan:

    Setahu saya, ahmad fuadi pernah bercerita tentang Randai ini. bahwasannya Randai ini adalah gabungan dari teman-temannya yang mempunyai karakter berbeda yang dijadikan satu bernama Randai. 🙂

    • Arif Rahman Igirisa mengatakan:

      wah terima kasih banyak, brother. saya juga belum pernah bertemu langsung dengan Bang Fuadi. juga sudah sering browsing (atau mungkin kurang giat) tapi belum juga menemukan ‘siapa Randai’. Jadi, saya hanya berpikir, apa jangan-jangan Randai adalah sosok fiksi saja. hehe. ^_^ sala kenal.

Tinggalkan Balasan

