Orang Tuamu Adalah Pembohong

Posted: 11 Oktober 2012 in artikelku, catatan riefu
Tag:, , ,

Pernahkah kamu perhatikan wajah orang tuamu? Kerutannya, cahaya dalam rongga matanya yang tak pernah pudar, apa yang kamu rasakan ketika itu? Lihat jari-jemarinya yang penuh guratan-guratan kasih sayang. Sudahkah kamu membahagiakan mereka?

Biasanya, orang tua kita, ketika ditanya tentang apa yang membuat mereka bahagia mereka akan menjawab bahkan beberapa sambil mengusap kepalamu, “Nak, Ibu dan Bapak akan bahagia jika melihatmu bahagia.”

Ah, tidakkah kamu melihat kebohongan ini? Sebagai anak, kejarlah, tanyakanlah, apa yang sebenarnya mereka inginkan. Apa yang sebenarnya membuat mereka bahagia.

“Bapak dan Ibu ingin berhaji, Nak.” Begitu jawaban ibu saya ketika saya ‘menggali’ lebih dalam pertanyaan tersebut. Jawaban ini sungguh membuat saya terenyuh. Selama ini saya terlena dalam kebohongan mereka yang berkata bahwa mereka bahagia jika melihat saya bahagia.

Dan ketika belum lama ini saya memberangkatkan mereka beribadah haji, sungguh saya bisa melihat kebahagiaan itu, air mata itu, air mata haru itu, dada saya tak kuasa dibuat sesak olehnya. Saya tahu mereka begitu bahagia ketika berpamitan dengan saya dan adik-adik.

Mulai saat itu, saya tak mau lagi mendengar orang tua saya berbohong kepada saya dengan kebohongan serupa. Saya selalu menanyakannya.

Misalkan “Apakah Ibu suka dimasakkan ikan asin?” Biasanya jawabannya, “Terserah saja apa yang ada. Ibu suka kok.” Lihatlah betapa kentara kebohongan ini. Padahal aku tahu ibu saya jarang memakan makanan enak demi melihat anak-anaknya makan enak.

Orang tuamu, orang tua kita, perhatikanlah, sebenarnya tak semua yang mereka ucapkan adalah yang benar-benar mereka rasakan. Tanyakanlah, wujudkanlah keingingan mereka. Bahagiakanlah mereka. Jangan terpedaya dengan kebohongan mereka.

Apakah kamu sudah tahu apa yang sebenarnya membuat ayah dan ibumu bahagia?

Salam Ajaib!

Follow me on twitter: @arifigirisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s