Tiga Kunci Agar Pelajaran Masuk

Posted: 9 September 2013 in #NasihatGuruku, artikelku, catatan harian, catatan riefu
Tag:, , , ,

Kunci

Kunci

Teman, guruku pernah berpesan kepadaku tentang rahasia agar pelajaran apapun bisa masuk. Beliau berkata bahwa ada tiga kunci agar semua pelajaran tersebut bisa masuk.

Pertama, cintai pelajarannya. Bisa dipastikan kalau sebuah pelajaran dibenci, ilmu yang dipelajari tidak akan masuk. Andaikata pun bisa dipahami, sungguh keberkahan ilmu di dalamnya kurang.

Kedua, cintai gurunya. Tentunya kita memiliki mata pelajaran, mata kuliah, atau materi apapun itu yang disenangi namun tak disenangi guru yang mengajarnya, sudah barang tentu pelajaran itu tidak akan masuk ke dalam kepala kita.

Ketiga, cintai diri sendiri. Ya, cintai diri kita sendiri. Adakah jika kita belajar keras, belajar setiap hari tak yang pintar adalah orang lain? Tentu tidak. Belajar yang rajin, itu adalah untuk diri sendiri.

Untuk yang ketiga, diumpakan kita mandi. Apakah tujuan mandi? Agar orang-orang dapat nyaman dengan kita, agar penampilan menarik orang lain, dan seterusnya. Tapi pada hakikatnya ketika kita mandi adalah untuk kebersihan diri sendiri, untuk kesehatan diri kita sendiri. Toh pada akhirnya orang-orang dapat merasakan akibatnya. 🙂

Nah, Teman, ingatlah tiga pesan itu. Itu adalah nasihat dari guruku.

Salam #Ajaib!

Ingin mengobrol dengan saya? Follow @arifigirisa

Arif Rahman Igirisa, Ph.E.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s