Kematian Selalu Datang Di Saat Kita Tidak Siap

Posted: 20 Juni 2014 in #NasihatGuruku
Tag:,

Di sebuah sinetron ada adegan seperti ini: Di sebuah rumah, ada seorang lelaki tua yang terbaring lemah, sementara keluarganya sedang berkumpul. Anak-anaknya, isterinya, cucu-cucunya, menantu-menantunya, dan lainnya telah berkumpul. Lelaki berkata, “Sebelum saya meninggal saya akan mengatakan bla.. bla.. bla.. bla.. wasiat.. bla. bla.. bla.. tolong ingat bahwa.. bla bla bla.. bla…”

Setelah menyampaikan ‘uneg-uneg’nya, dia menghembuskan nafasnya satu-satu. Dengan terbata-bata berucap, “Asyhadu…. asy… asyhadu… allaaaaailaaha.. illallah…” dan kepalanya berpaling kesamping.

Seolah-olah kematiannya telah disiapkan dengan sempurna.

Padahal padanya kenyataannya:

KEMATIAN SELALU DATANG DI SAAT DI MANA KITA PALING TIDAK SIAP.

 

Kalau dipikir-pikirkan, Entah mengapa di Indonesia sungguh tabu berbicara tentang mati. Padahal islam mengajarkan orang yang paling cerdas adalah yang paling sering mengingat mati.

Satu per satu teman kita, orangtua-orangtua kita pun telah melewati kematian. Kematian adalah sebuah keniscayaan. Lantas, kenapa tabu dan berkata, “Hush! Jangan ngomong kayak gitu!” ketika membicarakan kematian.

Ya Robb, jadikan akhir kami-kami ini dengan husnulkhotimah. Kami berlindung kepadaMu dari su’ulkhotimah.

Sungguh kerabat kami yang mendahului kami sudah cukup menasihati kami tentang kematian. Sungguh uban yang semakin banyak cukup menjadi nasihat tentang kematian. Sungguh tubuh yang makin lama makin menua ini cukup untuk menasihati kami tentang kematian.

Ampuni kami yang selalu lalai dalam mengingatMu, Ya Robb. Kami terlalu sibuk dengan urusan dunia, sementara lalai dalam urusan akhirat kami. Sementara itu, kematian terus mendekati kami dengan pasti, namun kami sering mengingkarinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s