Nasihat Dari Seorang Bapak: Janganlah Kamu Mencontoh Hakim Monyet

Posted: 25 Juni 2014 in #NasihatGuruku
Tag:, , ,

Neraca Atau  Timbangan

Neraca Atau Timbangan

Menjadi hakim, sudah barang tentu adil adalah kriteria utama yang harus dimiliki olehnya. Ia harus dapat menimbang dengan benar sebuah keputusan. Saya teringat akan seorang bapak yang bercerita tentang istilah “Hakim Yaki” yang dalam bahasa Manado “yaki” itu berarti monyet. Berikut kisahnya.

Alkisah ada seekor monyet yang sedang menimbang pisang di sebuah neraca, persis neraca di zodiak libra. Hihihi. Ada beberapa pisang di sebelah kanan, ada juga beberapa pisang di sisi kiri. Monyet ini berpikir, bagaimana caranya agar neraca ini menjadi seimbang? Kemudian ia memutuskan untuk memakan sebuah pisang di sisi yang paling berat.

Namun, apa yang terjadi setelah itu? Sisi yang tadinya berat itu jadi ringan. Misalkan yang berat itu adalah kanan. Awalnya sisi kanan itu lebih ke bawah daripada sisi kiri. Setelah dimakan sebuah pisang di sisi itu, sisi kanannya terangkat dan justru sisi kiri yang sekarang jadi lebih berat timbangannya.

Melihat hal itu, monyet pun terkejut. Bermaksud hati ingin menyeimbangkan, eh, malah jadinya lebih berat di sebelah. Monyet itu pun memutuskan untuk memakan sebuah pisang di sisi yang berat (kiri). Apa yang terjadi? Sisi itu jadi terangkat, dan sisi sebelahnya yang turun. Itulah yang terjadi seterusnya, ia memakan sisi kiri-kanan bergantian, tapi tak pernah menemukan keseimbangan.

Monyet mulai bosan, lalu ia memakan semua pisang yang ada di neraca hingga habis tak tersisa. Neraca kosong. Akhirnya seimbang. Monyet pun puas dan kenyang.

Temanku, seperti itulah perumpamaan hakim yang memihak pada yang orang-orang yang berduit. Huhuhu. Keadilan tidak lagi dipandang objektif. Begitu nasihat dari seorang bapak.

Allah menyuruh kita agar jika berlaku dalam sebuah urusan, maka berlakulah dengan adil. Sungguh Allah itu Maha Adil, dan ada pengadilan yang sangat adil nanti: Pengadilan Allah.

Arif Rahman Hamid Igirisa, Ph.E.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s