Terlambat Itu Ada

Posted: 30 Juni 2014 in #NasihatGuruku
Tag:, , ,

Ketika Kematian Datang, Maka Semuanya Sudah Terlambat

Ketika Kematian Datang, Maka Semuanya Sudah Terlambat

“Tidak ada kata terlambat.” Begitu kata banyak motivator. Tentu, Teman, kita sering mendengarnya. Namun ternyata Allah mengajari kita tentang ada kata terlambat. Coba renungkan, kenapa sholat itu ditentukan waktu-waktunya? Kenapa puasa ada waktunya? Kenapa Allah sering bersumpah demi waktu dalam Quran? Demi masa, demi dhuha, demi malam, demi fajar, demi subuh, semuanya tentang waktu. Apa tandanya ini? Barangkali Allah ingin kita disiplin dan berkata “Terlambat itu ada”.

Lalu, di manakah letak kata terlambat itu? Bukan terlambat datang bulan ya, jawabannya adalah KEMATIAN.

Jika sudah tiba ajal, telah terpisah ruh dari tubuh, maka semua sudah terlambat.

Banyak di luar sana orang berpikir, “Tenang saja, masih banyak waktu untuk bertaubat.” ah, tidakkah ia sadar kematian selalu mengintainya? Kematian bisa datang kapan saja?

Allah berfirman dalam surah Al-Munaafiquun ayat 10 dan 11.

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلا أَخَّرْتَنِي إِلَى أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ (١٠) وَلَنْ يُؤَخِّرَ اللَّهُ نَفْسًا إِذَا جَاءَ أَجَلُهَا وَاللَّهُ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ (١١

Artinya:

10. Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh”

11. Dan Allah tidak akan menunda (kematian) seseorang apabila waktu kematiannya telah datang. Dan Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.

Jelas sekali, jika saat kematian itu tiba, kata Allah “Maaf, sudah terlambat.”

Nah, di bulan suci ini, marilah kita memperbanyak amalan kita dan semakin memperbaiki diri, Teman.

Izinkan saya mengutip nasihat dari seorang guru saya:

“Selalu ada celah untuk lebih baik selama orang itu mau berubah ke arah itu. Bahkan ahli sekalipun kalau dia mau belajar, selalu ada celah untuk menjadi lebih ahli. Oleh karenanya, tidak ada kata terlambat untuk belajar, karena belajar dapat kapanpun, dan dapat dimulai saat ini juga. Tak ada kata terlambat untuk jadi lebih baik, hingga datangnya hari kematian.”

Arif Rahman Hamid Igirisa, Ph.E.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s