3 Syarat Yang Harus Dipenuhi Sebelum Belajar

Posted: 22 Juli 2014 in #NasihatGuruku
Tag:,

Teman, agar semua ilmu dapat masuk dengan baik, ya benar, SEMUA ILMU, ilmu apapun itu, maka kita harus memenuhi tiga buah kondisi yang mana ini begitu penting dan memang harus ada dalam setiap proses belajar atau menerima ilmu.

Pertama, Cintailah Gurunya. Kedua, cintailah pelajarannya. Ketiga, cintailah diri kita sendiri.

Sering ada sebuah pelajaran yang sangat kita sukai, tapi gurunya tidak kita cintai, sungguh pelajaran seperti itu tidak akan masuk. Saya rasa semua orang pernah mengalami hal serupa. Begitupun sebaliknya, jika gurunya telah kita cintai, telah senangi, tapi pelajarannya itu sendiri tidak kita cintai atau gemari, jelas itu pun tidak lebih baik dari kondisi yang pertama.

Guru saya pernah bernasihat tentang sebuah doa agar kita bisa mencintai guru sekaligus mencintai pelajarannya. “Apa doa itu, Guru?” tanya saya.

“Allahumma paksa..” ucap guru saya. Saya dan teman-teman lain tertawa.

Sekilas terdengar bercanda. Tapi ada betulnya bahwa memang sebuah kecintaan terhadap ilmu itu harus dipaksakan. Memang awalnya terpaksa, dicoba lagi terus akhirnya bisa, lama-lama biasa, akhirnya jadi luar biasa.

Syarat ketiga, mencintai diri sendiri di sini maksudnya adalah jika kita tidak rajin belajar, maka kita seharusnya dapat menikmati betapa pahitnya kebodohan. Teman, adakah kondisi ketika kita yang rajin dan susah payah belajar, eh ternyata orang lain yang menjadi pintar? Tentu tidak. Yang menanam, dia yang akan menuai hasilnya, begitu kata pepatah.

Jika kita tidak rajin belajar, sama artinya kita tidak menyayangi dan mencintai diri kita sendiri karena membiarkan diri kita dalam kebodohan dan terjerumus ke alam kegelapan. Kita sedang bicara ilmu ya, bukan mati lampu.🙂

Nah, itu dia tiga kondisi yang harus terpenuhi dalam proses belajar. Mari terus semangat belajar.

Arif Rahman Hamid Igirisa, Ph.E.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s