Berdoalah Dengan Layak

Posted: 6 April 2015 in #NasihatGuruku, artikelku
Tag:,

“Ilustrasi Orang Yang Sedang Berdoa.”

Barang tentu kita pernah mendengar jika ada berita kematian dan ada yang berkata: “Semoga ia ditempatkan di tempat yang layak di sisi-Nya.” dan kita semua berkata, “Aamiiin”.

Betul juga, tak ada salahnya, dan sudah baik perkataan itu. Tapi menurut saya, kalimat doa ini memerlukan sedikit pemahaman dan pengubahan pada bagian tertentu karena maknanya kurang tepat.

Di sini letak permasalahannya, coba bayangkan misalkan ada orang yang semasa hidupnya banyak berbuat keburukan, tempat yang layak baginya di mana? Lalu selanjutnya, jika ada orang yang semasa hidupnya dipenuhi dengan kebaikan, maka tempat yang layak bagi dia di mana? Oleh karena Allah itu Maha Adil dalam pembalasan, sudah barang tentu tidak akan keliru dalam menentukan mana tempat yang layak.

Asumsikan ada berkata, “Tapi kan apa yang nampak belum tentu apa yang sebenarnya. Bisa jadi cuma tampilannya saja yang ustadz, tapi ternyata ahli neraka. Dan bisa saja tampilannya bisa saja, eh, ternyata dia ahli surga, bisa saja kan?” Saya katakan, iya betul. Tak masalah yang mana yang benar, yang jelas kita mendoakan agar ia ditempat di tempat yang LAYAK kan? Jadi sebenarnya itu doa yang tidak perlu yak? Hehehe.

Yang lebih tepat, atau sekurang-kurangnya saya berdoa meminta agar diampuni dosa-dosanya, dan kelak dimasukkan kedalam syurga. Atau tentang  dilimpahkannya kebaikan dan ketabahan kepada keluarga yang ditinggalkan. Atau misalkan, “semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah.” ungkapan doa seperti itu jauh lebih tepat. Sehingga doa kita lebih efektif, spesifik dan layak.

Seperti sebuah kisah tentang seorang yang berdoa:

“Ya Allah, aku ingin cuma goyang-goyang kaki dapat uang.” Eh, tidak lama dia jadi tukang jahit.

“Ya Allah, aku ingin dikelilingi oleh banyak wanita. Ketika aku menyahut, para wanita langsung mendekat.” Eh, tidak lama ia jadi tukang sayur. Mwehehehe.

Salam Ajaib.

Arif Rahman Igirisa, Ph.E.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s