Ingin Berubah? Ubahlah Dari Dalam

Posted: 20 Mei 2015 in #NasihatGuruku, catatan harian
Tag:, , ,

"Jika aku tidak berubah, aku akan kalah!" -Kotaro Minami

“Jika aku tidak berubah, aku akan kalah!” -Kotaro Minami

Temanku, seorang guru pernah bernasihat bahwa bagaimana bisa kita membersihkan ruangan jika sapu yang kita gunakan tidaklah bersih. Maknanya barangkali secara bebas adalah jika ingin berubah, ubahlah dari diri sendiri.

Aa’ Gym pernah berkata bahwa ada tiga hal yang harus mulai ubah jika ingin mengubah sesuatu. Pertama, mulailah dari diri sendiri. Kedua, mulailah dari hal yang kecil. Dan ketiga, mulailah dari saat ini.

Menurut saya, kenapa orang tidak mau berubah adalah karena memiliki keyakinan yang keliru tentang berubah itu sendiri. Misalkan saja kenapa orang tidak mau berbisnis karena takut gagal, karena tidak mau jadi orang yang sombong apabila menjadi kaya karena berbisnis, dan seterusnya. Ia berfokus pada hal-hal keliru yang menjadikannya takut untuk melangkah ke arah yang lebih baik.

Ingat tidak ketika kita masih kecil, kita terjatuh, lutut kita berdarah dan ada yang berkata, “Hati-hati, nanti keluar nasi dari luka itu…” terus kita menangis? Kenapa? Karena takut. Kenapa takut? Karena kita meyakini bahwa benar akan keluar nasi dari luka itu padahal itu hal yang keliru.

Sekarang? Tentu kita tidak akan menangis karena akan keluar nasi, karena kita telah tahu bahwa hal itu keliru.

Jadi, jika ingin berubah, ubahlah keyakinan-keyakinan keliru dalam diri kita. Jika ingin menjadi rajin, ubahlah keyakinan kita tentang rajin. Jika ingin kaya, ubahlah keyakinan kita tentang kaya itu sendiri. Jika ingin banyak uang, pahamilah uang itu dengan benar. Jika ingin berubah, milikilah keyakinan yang benar tentang berubah itu sendiri. Dengan begitu kita akan lebih mudah melangkah.

Teringat sebuah quote yang old but gold:

Jika aku tidak berubah, maka aku akan kalah!

-Kotaro Minami a.k.a Kesatria Baja Hitam

Yuk berubah, Teman.

Arif Rahman Igirisa, Ph.E.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s