Assalaamu’alaikum, Teman. 🙂

Seperti yang sudah saya janjikan sebelumnya di facebook (Arif Rahman Igirisa) kalau saya akan ngasih tutorial gimana caranya biar dapat buku dari luar negeri, kali ini saya akan menceritakan detailnya di sini. 🙂

Boleh?

Oke, silahkan melanjutkan kalau boleh. Kalau enggak, silahkan berhenti membaca. 🙂

Sebelumnya, ini penampakan kiriman buku gratis dari luar negeri yang saya dapatkan. Cekidot. 🙂

Buku Gratis dari Luar Negeri

Buku Gratis dari Luar Negeri

Berawal dari keinginan saya dan teman-teman di Forum Lingkar Pena Sulawesi Utara akan membuat perpustakaan untuk anak-anak yang kurang mampu di sini, saya dan teman-teman FLP Sulut memulai mengumpulkan buku dari teman, saudara, tetangga, kenalan, mantan, gebetan (eh?), dan lain sebagainya. Pokoknya meminta mereka berkontribusi dengan memberikan buku bacaan yang masih layak dibaca. Kalau enggak bisa, ya pakai yang lain. Mentahnya saja misalkan (baca: uang). 🙂

Lalu saya mendapatkan informasi bahwa di luar sana, di luar negeri banyak buku-buku gratis yang mencari tuannya. Maksudnya, banyak penerbit, kedutaan, Instansi, Universitas, dan lain sebagainya yang akan mau memberikan buku secara cuma-cuma kepada siapa saja. Saya pun tertarik.

Mulailah saya mengirim email kepada beberapa pihak yang sebut saja donatur untuk buku-buku kami. Ada banyak, cuma beberapa yang membalas. Dan sampai hari ini, baru 1 paket yang tiba. Nah, paket yang sudah nyampe ini yang akan saya ceritakan gimana caranya. 🙂

Siap?

Pertama-tama kamu bisa mendaftar di sini:

islamunveiled.org

Silahkan kamu pilih buku yang kamu mau sebanyak 5 buah dengan cara mencentangnya. Tenang saja, nanti yang datang bukan cuma 5 buah buku kok. Ada banyak bonusnya. 🙂

Masukkan nama, email, alamat, dan lain sebagainya, untuk keperluan pengiriman buku. Silahkan diisi selengkapnya.

Di kolom paling bawah ada kotak “Message” kamu bisa menuliskan apa saja yang sebaiknya dalam bahasa inggris. Kalau saya menulis bahwa saya adalah seorang guru yang membutuhkan literatur untuk mengajarkan islam kepada anak-anak didik saya dan supaya memotivasi mereka untuk belajar di luar negeri. Terserah kamu mau ngisi gimana. Kalau enggak di isi? Enggak apa-apa juga. Bukunya tetap akan dikirim kok. Tenang aja. 🙂

Klik “Submit”.

Klik

Klik “Submit” jika sudah selesai

Udah, deh. Tinggal menuggu balasan dari mereka di email. Saya dapat email dari seorang profesor yang namanya Prof. Abdullah Abu-Eshy. Kemungkinan kamu juga sama. 😀 Hehehe.

Jarak antara email balasan dan buku dikirim berbeda-beda tiap negara maupun daerah. Email saya dibalas pada tanggal 5 January 2016 dan bukunya tiba pada tanggal 27 January 2016. Ada sekitar 3 minggu-an. Mohon bersabar ya. 🙂

Selamat mencoba, Teman.

With Love.

Arif Rahman Igirisa.

Nb.

Saya masih menunggu kiriman buku yang lain dari donatur yang lain yang juga membalas kiriman email permohonan dari saya. Kalau udah sampai, nanti saya review kembali gimana prosesnya. Mari menunggu. 😀

Komentar
  1. syakif berkata:

    selain buku agama apa bisa dapat buku gratis? misalnya buku pembangunan daerah atau buku kaitannya dgn planner?

    • bisa, Mas. Coba aja search di google “Buku Pembangunan Daerah gratis” atau “Buku Planner gratis”. Mungkin banyak yang bisa dicoba. Sabar aja kalau enggak ada responnya. Namanya juga usaha, Mas. 😀

Tinggalkan Balasan

