Semua orang ingin meraih sesuatu. Tapi kebanyakan dari kita tidak mendapat apa yang kita inginkan. Penyebabnya bisa banyak hal. Salah satunya adalah kita TIDAK TAHU APA YANG INGIN KITA RAIH.

Ya, seperti perempuan, mohon maaf, mereka sering berkata “Terserah” dan laki-laki disuruh untuk menebak apa arti kata terserah itu. Misalkan saja kita tawari tentang pesanan makanan: Mie Bakso atau Nasi Goreng? “Terserah”, itu katanya. Oke, setelah kita pesan Mie Bakso misalkan, dia malah tidak suka.

Sebenarnya dia memang dari awal tidak suka dengan mie bakso ataupun nasi goreng. Hanya saja masalahnya, perempuan itu TIDAK TAHU APA YANG DIA SEBENARNYA INGINKAN. Makanya dia justru malah mendapatkan sesuatu yang dia tidak inginkan.

Begitu pula kita. Misalkan kita menginginkan sesuatu, sesuatu itu harus jelas dan detail. SPESIFIK. Jangan seperti: “Saya ingin jadi lebih baik.” iya, jadi baiknya seperti apa? Harus jelas.

Jadi Rahasia Membuat Rencana Target yang pertama adalah SPESIFIK.

Selanjutnya, goal atau target kita itu harus DALAM KALIMAT POSITIF.

Ingat bahwa otak manusia tidak mengenal kata “Tidak” atau sejenisnya. Misalkan saja coba kamu tidak, jangan sampai, pokoknya jangan, kamu membayangkan seekor KATAK BERWARNA BIRU. Nah lho? Kok malah kebayang? Hihihi.

Jadi seharusnya rencana goal kita seperti ini:

“Saya harus berhasil” bukan “Saya tidak boleh gagal”.

“Saya ingin kaya” bukan “Saya tidak mau miskin”.

“Saya harus sehat” bukan “Saya tidak boleh sakit”.

Ingat, harus dalam kalimat yang positif.

Yang ketiga, rencana goal kita itu harus TERUKUR.

Maksudnya gimana? Ya harus bisa diukur. Kamu tidak boleh berencana seperti ini: “Saya ingin agar teman saya sukses.” itu susah ngukurnya. Kamu memang boleh membantu dia agar sukses, tapi teman kamu itu, semua keputusan ada di tangan dia.

Terukur di sini adalah, kamu bisa memperbaiki jika ada yang salah dengan pencapaian atau hasilnya nanti. Kira-kira apa yang bisa saya ubah, begitu pertanyaan dalam diri seharusnya. Lalu ketika kita menemukan, kita akan dengan mudah mengintrospeksi diri.

Itulah 3 rahasia membuat perencanaan goal. Singkatnya:

  1. Spesifik.
  2. Dalam kalimat yang positif.
  3. Terukur.

Moga bermanfaat. Jika bermanfaat, silahkan share tulisan ini agar makin luas manfaatnya.🙂

With Love.

Arif Rahman Igirisa.🙂

Tinggalkan Balasan

