Berhijablah Tanpa “Tapi”, dan Berhijablah Tanpa “Nanti”

Posted: 24 Februari 2016 in #NasihatGuruku, catatan riefu

Berhijablah Tanpa Tunda-tunda

Berhijablah Tanpa Tunda-tunda

Saat perintah berhijab turun, surah An-nuur ayat 31, dulu, para muslimah saat itu menyambutnya dengan bersegera merobek kain yang ada di rumah-rumahnya dan memakainya sebagai jilbab.

Mereka tidak bertanya: mengapa? Mereka pula tak menggugat: apa manfaatnya bagi saya? Mereka berhijab tanpa ‘tapi’ tidak pula pake ‘nanti’.

Mereka tidak khawatir jilbabnya jika hanya sederhana yg terbuat dari sobekan kain. Mereka tidak risau kalau jilbabnya tak mengikuti tren berbusana.

Mereka tak peduli kalau jilbabnya itu membuat mereka menyerupai burung gagak. Mereka yakin kalau apa yang diperintahkan Allah pastilah bermanfaat bagi mereka di dunia maupun di akhirat.

Saat ini, sangat sulit kita mendapatkan kondisi itu lagi. Meski telah jelas kewajiban dalam Al-Quran, tertuang pula dalam hadits Rasul kita Muhammad alaihi sholatu wasalam, tetap saja jumlah Muslimah yang tak berhijab jauh lebih banyak daripada mereka yang menjaga hijab.

Mereka masih menyangsikan kebenaran ayat tersebut dengan bermacam dalih.
“Ah, jilbab itu kuno.” atau “Ah, jilbab itu cuma budaya arab,” dan lain sebagainya.

Padahal, Islam adalah agama fitrah. Allah Maha Bijaksana telah mengatur rambu-rambu yang jelas untuk melindungi kita dengan berhijab.

Yah, begitulah adanya. Tugas mengajak Muslimah di sekitar kita (terutama keluarga kita) memang tidak mudah. Bujuk rayu syaitan selalu ada dan menjelma, menjadikan kita hamba yang jauh dari Quran dan agama.

Namun kita tak boleh putus asa. Hijab adalah pilar yang sangat-sangat-sangat penting dari kehidupan berislam. Sehingga mengajak muslimah untuk menjaga hijabnya, sama artinya kita telah berupaya untuk membangun kembali peradaban islam yang mulia.

With Love.
Arif Rahman Igirisa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s