Bertambah Tua Setiap Hari

Posted: 26 Maret 2016 in #NasihatGuruku
Tag:, ,

22. HBD Arif
 
Masih pagi, tapi mulai dari email, sms, sampai beranda facebook sudah penuh dengan ucapan selamat ulang tahun kepada saya. Tak mengapa. Saya sangat berterima kasih kepada Teman semua.
 
Namun bukan itu yang ingin saya katakan. Bagi sebagian besar orang, ulang tahun adalah sesuatu yang sangat sakral. Bahkan perlu ada ceremony khusus dalam merayakannya dalam bentuk yang berbeda-beda.
 
Ada yang dengan cara mengadakan syukuran, ada yang mengadakan pesta, ada yang sekadar mentraktir teman atau sanak family, atau dalam bentuk yang lain. Dan yang paling aneh menurut saya: dilempari telur busuk dan tepung.
 
Bagi saya, ulang tahun hanyalah sebagai pengingat bahwa kita sudah semakin bertambah tua. Tentu kamu tahu bahwa kita sebenarnya bertambah tua setiap harinya. Hanya saja Birthday (kata orang bule) adalah momentum pengingat (saja), muhasabah kalau dalam bahasa arab.
 
Makna lain dari birthday adalah momentum Hijrah. Hijrah dari yang belum baik menjadi baik, dan yang sudah baik ditingkatkan lagi menjadi lebih baik. Ini patut direnungi. Bukan sekadar merayakan dan tak bermanfaat setelahnya.

 
Sekadar renungan, semakin kita bertambah tua, sadar atau tidak sadar, orang tua kita juga semakin tua. Meski semuanya adalah misteri Allah, semakin ke sini, semakin dekat kepada kematian. Sudahkah kita membahagiakan mereka?
 
Kalau lebih lanjut, secara timeline, jatah umur kita semakin berkurang, berarti semakin sedikit durasi kehidupan yang tersisa. Artinya semakin berkurang kesempatan untuk berbuat kebaikan, semakin berkurang pula kesempatan berbuat amal shalih. Bukankah seharusnya bersedih?
 
Kepadamu, Teman, inilah nasihat untukmu dan untuk diri saya sendiri: Pergunakanlah sisa umur dengan sebaik-baiknya.
 
Semoga Allah anugerahkan kepada kita semua sisa umur yang bermanfaat. Semoga diberi kelapangan dan ksempatan untuk berbuat kebaikan sampai akhir. Aamiiin.
 
With Love.
Arif Rahman Igirisa.
 
Nb: Buat kamu yang lahir di bulan maret, kita sama berarti. ^_^ Hehe. *tos!*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s