5 Tips Dasar Untuk Public Speaking Yang Perlu Kamu Ketahui

Posted: 16 Mei 2016 in #NasihatGuruku, artikelku, catatan harian
Tag:

Tips public speaking
Merupakan sebuah ketakutan yang besar jika ingin melakukan public speaking atau berbicara di hadapan orang banyak (publik). Akan tetapi perlu kita menyadari bahwa setiap ahli dahulunya adalah pemula, so buat kamu yang baru ingin mencoba berbicara di depan umum mulailah latihan dan jangan ragu untuk mencoba.

Sambil kamu mempersiapkan latihan kamu, kamu boleh membaca tulisan saya di bawah ini. Inilah dia 5 Tips Dasar Untuk Public Speaking Yang Perlu Kamu Ketahui:

1. Kuasai Materi Yang Ingin Disampaikan 

Menguasai materi, disamping membuat kamu lancar dan nampak profesional di atas panggung, menguasai materi dapat membuat tingkat kepercayaan diri kamu meningkat secara drastis dan dramatis. Meski seluruh persiapan teknis sudah kamu lakukan, namun jika kamu belum menguasai materi yang akan disampaikan dengan baik, selalu saja ada yang membuat kamu tidak percaya diri. Tentu saja hal ini terjadi karena ini merupakan hal yang sangat kritis dalam public speaking. Jadi, kuasailah materi yang akan kamu sampaikan.
2. Ketahuilah Siapa Audiensmu
Ketahuilah siapa yang akan menghadiri performa kamu. Dengan mengetahuinya, kamu bisa menentukan topik apa yang menarik untuk membuka, bahasa apa yang akan kamu gunakan nanti, dan lain sebagainya. Mengetahui audiens berarti kamu memahami karakteristik dari mereka. Apa yang paling mereka hindari dan apa yang paling mereka minati.
3. Never Apologize
Ini mungkin sedikit mengejutkan kamu jika kamu mengetahui betapa banyak audiens yang melewatkan presentasi kamu. Jika kamu melakukan kesalahan kecil seumpama lupa atau salah menyebut beberapa kata, don’t worry your audience, tak perlu kamu meminta maaf, karena kebanyakan audiens justru tidak tahu kalau kita sedang melakukan kesalahan. Meminta maaf justru akan memberi mereka ‘clue’ bahwa kita salah. ‘Tabrak’ saja kesalahanmu itu, lanjutkan saja performa kamu seperti yang sudah direncanakan.
4. Bayangkan Bahwa Dirimu Sedang Membawakan Materi Yang Penting
Cara awal terbaik untuk berhasil adalah dengan mula-mula menvisualisasikannya. Kalau kamu ingin menjadi dokter, mula-mula bayangkanlah dirimu menjadi dokter. Jika kamu ingin menjadi pengusaha, penulis, pengemban dakwah, motivator, entertainer, pertama-tama kamu perlu membayangkan dirimu menjadi yang kamu inginkan. Lalu visualisasikan dengan kuat, beri warna yang jelas, beri gerakan yang jelas bahwa kamu sudah menjadi orang yang kamu inginkan.
Nah, sama halnya dengan menjadi seorang public speaker yang hebat, bayangkan terlebih dahulu bahwa kamu adalah seorang public speaker yang hebat. Bayangkan apa jadinya jika kamu menjadi public speaker idola kamu. Bayangkan dirimu seperti dirinya. Apakah di kondisi seperti itu dia akan seperti apa. Gugupkah atau bersemangatkah? Tentu bersemangat. Bayangkan kamu juga bersemangat seperti seorang yang kamu idolakan. Kemudian, yakinilah bahwa materi yang akan kamu sampaikan adalah materi yang begitu penting. Dengan begitu, jika kamu percaya bahwa materi yang kamu bawakan itu penting, maka orang lain akan lebih mudah yakin dengan apa yang kamu sampaikan.
5. Fokuslah Pada Pesan Yang Akan Disampaikan, Bukan Pada Dirimu Sendiri
Jika kamu berfokus pada dirimu  sendiri, kamu selalu akan menemukan kekurangan pada dirimu dan secara sadar atau tidak sadar, kamu akan membiarkan dirimu menjadi gugup dengan sendirinya. Kalau kamu berfokus pada pesanmu, materimu, kamu akan menemukan passion dalam materimu. Pesan yang akan kamu sampaikan akan lebih menarik, mengedukasi, menginspirasi, atau memotivasi audiensmu.
Semoga Bermanfaat.
With Love.
Komentar
  1. […] 5 Tips Dasar Untuk Public Speaking Yang Perlu Kamu Ketahui […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s